Merasa Tertindih Saat Tidur? Ini Jawabanya

Merasa Tertindih Saat Tidur? Ini Jawabanya


Merasa Tertindih Saat Tidur? Ini Jawabanya
Sleep Paralysis

Merasa Tertindih Saat Tidur? Ini Jawabanya-Setiap orang pasti pernah mengalami keadaan dimana tubuh terasa tertindih oleh sesuatu, kita akan merasa tidak berdaya dan tidak dapat bergerak maupun mengeluarkan suara. Hal ini benar-benar membuat kita merasa takut apalagi dalam keadaan tertentu kita mulai melihat bayangan-bayangan yang menakutkan. Walaupun gejala ini kerap dikaitkan dengan kejadian mistis dimana tubuh kita ditindih atau diduduki oleh makhluk halus tapi pada dasarnya ini adalah peristiwa ilmiah yang umum terjadi pada setiap manusia. Dalam ilmu kesehatan gejala ketindihan ini disebut sleep paralysis, ini adalah gejala saat tubuh terjaga dari tidur sedangkan otak masih terlelap. Gejala ini ditandai dengan tubuh terasa seperti lumpuh, suara tak mampu dikeluarkan, dan seakan melihat bayangan hitam. Tak heran jika masyarakat pada umumnya menganggap perisriwa ini ada hubungannya dengan makhluk halus. Sleep Paralysis juga sering dikaitkan dengan narkolepsi. Ingin tahu lebih lanjut mengenai sleep paralysis? Berikut ulasannya.

Penyebab Terjadinya Sleep Paralysis


1.      Kurang Tidur
Masih belum jelas apakah karena kurang tidur dapat menyebabkan ketindihan atau sleep paralysis namum penelitian menyatakan bahwa mereka yang kurang tidur kerap mengalami ketindihan.

2.      Terlalu Lelah
Saat anda sangat lelah jangan terlalu cepat untuk mengambil langkah untuk tidur, namum lakukan sedikit relaksasi agar sleep paralysis dapat dihindari.

3.      Stres
Stres ternyata menpunyai dampak yang sangat buruk bagi kesehatan. Banyak sekali komplikasi kesehatan khususnya kesehatan mental terjadi akibat dipicu oleh stres. Salah satunya adalah gangguan tidur seperti sleep paralysis. Jadi, kita anda merasa stres cobalah terlebih dahulu menghilangkan stres terlebih dahulu.

Mencegah Sleep Paralysis

a.       Rileks
Kunci utama agar terhindar dari gangguan ini adalah mencoba untuk rileks sebelum tidur. Caranya bisa dengan sedikit gerakan meditasi dan mengatur pernapasan.

b.      Jangan Terlalu Lelah
Janganlah tidur ketika kondisi tubuh terlalu lelah. Mungkin sudah menjadi kebiasan kita tidur cepat-cepat dalam keadaan lelah, padahal ini dapat mengganggu kenyenyakan tidur. Jika tubuh terlalu lelah maka lakukanlah sedikit meditasi sebelum tidur.

c.       Jangan Stres
Jika anda merasa stres, maka lakukanlah kegiatan yang dapat membantu anda menghilangkan stres terlebih dahulu. Membaca bacaan yang lucu dan menghibur dapat membantu anda menenangkan diri sejenak sebelum melangkah menuju tempat tidur.

0 Response to "Merasa Tertindih Saat Tidur? Ini Jawabanya"

Post a Comment