Kelebihan Beladiri Taekwondo

Kelebihan Beladiri Taekwondo


Kelebihan Beladiri Taekwondo
Olimpiade Taekwondo

Kelebihan Beladiri TaekwondoSebagai salah satu jenis beladiri taekwondo tentu memiliki ciri khas tersendiri dan manfaat tersendiri pula. Self defense atau bela diri umumnya memiliki kegunaan yang sama, yaitu meningkatkan rasa kepercayaan diri seseorang dalam membela dirinya. Bela diri seperti taekwondo juga berguna untuk mepertahankan diri saat ada hal yang tak inginkan terjadi. Berikut adalah beberapa manfaat mempelajari beladiri yang  berasal dari negri ginseng ini.

1.      Mempertahankan Diri
Sama halnya seperti beladiri lainnya, Taekwondo berguna untuk mempertahankan diri saat diserang. Masalah memang tak bisa diselesaikan dengan kekerasan namun di dunia ini tak sedikit yang pikirannya sudah tak waras. Kemungkinan diserang pada saat-tertentu bisa saja terjadi. Oleh sebab itu paling tidak kita harus meminimalisir resiko cedera karena diserang dengan mempelajari salah satu teknik beladiri seperti Taekwondo.

2.      Tubuh Lebih Fit
Beladiri Taekwondo adalah salah satu cabang olahraga yang sangat mementingkan kebugaran tubuh. Untuk melakukan salah satu tekniknya saja kita membutuhkan tenaga yang besar. Oleh sebab itu taekwondoin (sebutan orang yang mendalami taekwondo) harus melatih fisiknya agar mampu dan maksimal dalam mempraktikkan tekniknya.

3.      Beladiri Jarak Jauh
Berbeda dengan tinju atau gulat, Taekwondo menitikberatkan tekniknya pada tendangan bukan pada gulat. Dikarenakan jangkauan kaki lebih luas daripada tangan, Taekwondo digolongkan beladiri jarak jauh. Ha ini menguntungkan seorang Taekwondoin karena ia tidak harus terlalu dekat dengan lawan yang kemungkinan memiliki senjata seperti pisau.

4.      Menjatuhkan Lawan Lebih cepat
Semua beladiri memang memiliki teknik khusus yang mematikan namun dalam Taekwondo ini bisa berlaku untuk semua teknik tergantung kepada siapa yang mempraktikkan. Sebuah televisi pernah menayangkan sebuah penelitian tentang perbandingan tendangan taekwondo dengan belediri lain dan hasilnya terbukti bahwa bobot dan kecepatan tendangan taekwondoin lebih unggul daripada beladiri lain. Bisa dibayangkan jika kaki dengan kecepatan tinggi mengenai kepala, apa jadinya?

5.      Diperlombakan Dalam Olimpiade
Menjadi atlit Taekwondo ternyata dapat menjadi kebanggaan tersendiri. Betapa tidak olahraga yang sudah mendunia ini dipertarungkan dalam olimpiade yang melibatkan negara-negara seluruh dunia. Tak semua olahraga khususnya beladiri yang dipertandingkan di olimpiade dunia. Olahraga yang dipertarungkan dalam olimpiade dunia tentu sudah diakui dunia dan memiliki peminat di seluruh dunia, dan hal ini ada pada Taekwondo.

So tunggu apa lagi, daftarkan diri andadi dojang (sebutan tempat latihan Taekwondo) terdekat.

Alasan Mempelajari Taekwondo 

Taekwondo 

0 Response to "Kelebihan Beladiri Taekwondo"

Post a Comment