Apa Sih Gangguan Tidur Narkolepsi Itu?

Apa Sih Gangguan Tidur Narkolepsi Itu?


Apa Sih Gangguan Tidur Narkolepsi Itu?
Narkolepsi

Apa Sih Gangguan Tidur Narkolepsi Itu?Sebagian dari kita mungkin pernah bertemu dengan orang-orang yang tiba-tiba mengantuk saat sedang beraktifitas. Mengantuk disini bukanlah yang sering kita alami saat merasa jenuh seperti pada saat menonton acara televisi yang membosankan, gejala narkolepsi lebih parah dari tertidur di sofa saat menonton televisi. Penderita narkolepsi bisa saja mengantuk dan tertidur saat seang beres-beres rumah, dan pada tahap yang parah penderita narkolepsi dapat tertidur tiba-tiba saat berdiri atau berjalan. Nah, jika anda pernah bertemu dengan orang yang punya gejala yang seperti ini, bisa saja ia adalah salah satu penderita narkolepsi.
Narkolepsi adalah suatu kelainan pada tidur. Pada saat tidur gelombang otak akan memproses mimpi sedangkan pada penderita narkolepsi gelombang otak yang memproses mimpi akan menyusup ke dalam alam sadar sehingga penderita narkolepsi tiba-tiba merasa sangat mengantuk dan tertitur secara tiba-tiba.
Penderita narkolepsi dapat tertidur mulai dari 15 menit atau bahkan sampai satu jam. Saat ia bangun maka ia akan lupa  dengan apa yang baru saja ia kerjakan.
Peneyebab dari gejala narkolepsi masih dicari titik terangnya, ada ahli yang mengatakan bahwa kelainan ini disebabkan oleh mutasi gen, akan tetapi kebenaran yang ilmiah untuk saat ini belum diketahui.
Namun sejauh ini ada beberapa gejala yang dipercaya kalangan medis sebagai gejala narkolepsi diantaranya adalah.
1.      Hipersomnia
Hipersomnia adalah keadaan dimana kita akan mengantuk dan merasa lelah tiba-tiba di siang hari. Hal ini dapat dirasakan walaupun sudah tidur atau istirahat yang cukup di malam hari.
2.      Cataplexy
Cataplexy adalah gejala saat kita kehilangan kontrol atas otot-otot kita secara bertahap. Gejala ini dapat dipicu oleh ledakan eomosi yang berlebihan. Gejala ini dapat dikatakan sebagai gejala utama narkolepsi walaupun tidak semua penderita kelainan narkolepsi merasakan Cataplexy.
3.      Sleep Paralysis
Anda mungkin pernah merasakan tertindih sesuatu saat tidur. Hati-hati itu adalah sleep paralysis yang merupakan gejala dari narkolepsi. Di sebagian tempat di Indonesia menganggap sleep paralysis behubungan dengan hal-hal gaib seperti ditindih oleh makhluk halus.
4.      Halusinasi
Seorang penderita narkolepsi akan berhalusinasi baik itu saat ia akan memulai untuk tidur ataupun saat ia baru terjaga dari tidurnya. Perderita narkolepsi yang mengalami halusinasi kerap disamakan dengan penderita skizofrenia atau gangguan jiwa padahal mereka sangat berbeda.

Nah itulah informasi unik mengenai narkolepsi yang sudah seharusnya anda ketahui. Mulai sekarang tidak perlu heran jika anda pengendara motor yang tiba-tiba tertitur saat mengendarai motor, karena bisa saja ia adalah penderita narkolepsi.

 Narkolepsi


Gangguan Tidur


0 Response to "Apa Sih Gangguan Tidur Narkolepsi Itu?"

Post a Comment