Waspadai Insomnia Ringan

Waspadai Insomnia Ringan

Waspadai Insomnia Ringan
Insomnia Ringan

Waspadai Insomnia RinganInsomnia adalah salah satu gangguan tidur dimana seseorang susah untuk memulai tidur atau terjaga saat sedang tidur dan susah untuk memulai tidur kembali. Insomnia bisa dialami oleh siapa saja, baik itu orang tua maupun anak-anak walaupun pada umumnya yang sering mengalami insomnia adalah orang dewasa. Insomnia terbagi menjadi tiga dari yang ringan sampai yang kronis. Mau tahu lebih lanjut apa saja mengenai insomnia? berikut ulasannya.

Penyebab insomnia


1.      Kafein
Mengkonsumsi kafein seperti kopi memnag bagus untuk kesehatan, namun kopi bisa membawa masalah jika dikonsumsi pada malam hari karena kopi dapat mnekan kantuk dan hasilnya peminum kopi akan susah untuk tidur.

2.      Stres
Semua orang bisa terkena stres. Baik itu dalam kadar ringan atau berat. Namun stres yang berlebihan sangat berbahaya bagi kesehatan. Anda harus benar-benar mampu mengorganisir stres. Stres juga bisa mengakibatkan insomnia.

3.      Lembur
Kelelahan tidak semata-mata membuat tubuh kita dapat tidur. Bahkan kelelahan yang berlebihan dapat membuat kita menderita insomnia.

4.      Jam Kerja yang Berubah
Tubuh kita mempunyai irama. Jika irama tubuh berubah secara tiba-tiba maka ini berdapak pada sulitnya tidur.

Menangani Insomnia

Insomnia dalam kadar ringan seharusnya tidak perlu cepat-cepat ke dokter, lain ceritanya jika anda mulai behalusinasi. Namun jika hanya tidak bisa tidur maka anda hanya perlu mengikuti beberapa saran yang telah MJ rangkum untuk anda.

1.      Hindari konsumsi kafein di malam hari.
Konsumsi kafein sangat tidak baik di malam hari karena dapat mengganggu jam tidur anda. Bagi anda pecinta kopi batasilah asupan kafein hanya sampai di sore hari.

2.      Tidur dengan penerangan redup.
Tidur di penerangan yang redup dapat membantu mata anda lebih relax dan secara otomatis anda akan tertidur.

3.      Rendam kaki dengan air hangat sebelum tidur.
Merendam kaki dengan air hangat dapat membantu anda lebih relax.

4.      Jangan melihat visual seperti menonton televisi sebelum tidur.
Melakukan aktifitas sebelum tidur seperti menonton televisi atau memakai gadget akan sangat mengganggu tidur anda. Oleh sebab itu jika ingin tertidur pulas dan berkualitas singkirkan terlebih dahulu gadget anda.

5.      Hidari tidur siang.
Tidur siang dapat mengganggu kenyenyakan tidur di malam hari. Jadi hindari tidur di siang hari. Jika anda memiliki waktu kosong pada siang hari ada baiknya lakukanlah aktifitas yang bermanfaat seperti mebaca.

6.      Relax
Kunci utama dari tidur yang berkualitas adalah merasa nyaman dan terus dalam keadaan relax.

0 Response to "Waspadai Insomnia Ringan"

Post a Comment