Apel, Buah Ajaib Penangkal Berbagai Penyakit

Apel, Buah Ajaib Penangkal Berbagai Penyakit


Apel, Buah Ajaib Penangkal Berbagai Penyakit
Apel

Apel, Buah Ajaib Penangkal Berbagai Penyakit- Apel adalah jenih buah yang banyak disukai orang pada umumnya, baik itu di Eropa dan Asia. Sebuah pepapat menyatakan bahwa “ An apple a day keep the doctor away” mungkin tak asing di telinga kita. Kalimat yang menyatakan bahwa sebuah apel sehari akan menjauhkan kita dari dokter tentu tidak ada tanpa sebab yang jelas. Penelitian moderen juga mengungapkan bahwa apel memang memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan. Mau tahu lebih lanjut apa saja manfaat apel bagi kesehatan? Berikut ulasannya.

1.      Menurunkan Kadar Kolesterol
Apel adalah buah yang mengandung serat yang tinggi. walaupun sudah dikupas kandungan serat dalam apel bisa mencapai 1.9 g. Serat dalam apel dapat mengikat kolesterol LDL dalam saluran cerna dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Tidak hanya menyikirkan kolesterol jahat, apel juga mampu menekan produksi LDL di hati sehimgga kolesterol jahat atau LDL berkurang di dalam tubuh.

2.      Pencegah Penyakit Jantung
Penurunan kadar kolesterol dalam tubuh tentu menghindarkan kita dari penyakit jantung. sebuah penelitian di Amerika menyatakan bahwa mengkonsumsu apel secara rutin dapat mencegah terkena serangan jantung sampai 20 persen.

3.      Melawan Radikal Bebas
Tiga jam setelah mengkonsumsi apel membuktikan bahwa buah yang terasa manis ini dapat melwan radikal bebas. Proteksi apel terhadap radikal bebas mencapai 24 jam setelah konsumsi, tak heran jika pepatah seperti di atas muncul.

4.      Gula Darah Tetap Stabil
Friktosa dalam apel termasuk ke dalam jenis gula sederhana yang dapat memberikan rasa manis alami. Gula sederhana ini pun relatif lama untuk dipecah sehingga gula darah tetap stabil.

5.      Pencegah Tumor
Apel mengantung zat yang disebut catechin, zat ini terbukti dapat mencegah kanker. Penelitian yang dilakukan pada hewan percobaan menyatakan bahwa catechin dapat menghabat tumbuhnya tumor.

6.      Terhindar Dari Diabetes
Mengkonsumsi dua apel seminggu ternyata dapat membuat anda terhindar dari diabetes. Hal ini dibuktikan dalam studi epidemologi.

7.      Mambantu Diet
Dari sekian banyak manfaat apel utmuk kesehatan salah satunya adalah membantu anda diet. Di Amerika setiap orang yang sedang menjalani program diet maka ia wajib mengkonsumsi sebuah apel sehari agar program diet yang ia jalani nerhasil maksimal.

Nah abagi anda pecinta buah-buahan ada baiknya mencantumkan apel dalam menu harian anda. Dan bagi anda yang tidak suka apel sepertinya anda harus mulai menyukainya karena manfaatnya yang besar. Semoga dengan membaca artikel ini referensi anda tentang kesehatan dapat bertambah.

Manfaat Apel

Khasiat Apel

0 Response to "Apel, Buah Ajaib Penangkal Berbagai Penyakit"

Post a Comment