Gejala dan Penyebab Disleksia

Gejala dan Penyebab Disleksia

Gejala dan Penyebab Disleksia
Ilustrasi
Gejala dan Penyebab DisleksiaPertanyaan yang pertama sekali muncul dalam benak pembaca mungkin apa sih disleksia itu? Ya, disleksia adalah gangguan yang biasanya diidap oleh anak-anak, gangguan ini biasanya berupa sulit memahami bahasa seperti sulit membaca atau menulis, penderita disleksia juga sulit berhitung padahal hitungan tersebut adalah hitungan sederhana. Disleksia bukanlah disebabkan karena kurangnya kemampuan akedemis seorang anak namun disleksia lebih kepada suatun jenis gangguan yang bisa diminimalisir dengan terapi yang benar. Penderita disleksia tidak ada hubungannya dengan tingkat kecerdasan yang rendah, penderita disleksia tetap memiliki kecerdasan yang standar bahkan tidak sedikit yang mimiliki kacardasan yang tinggi. nah, apa saja sih gejala yang ditunjukan oleh penderita disleksia? Ikuti uraiannya.

1.      Masalah Fonologi
Penyandang dislesia biasanya bermasalah dengan fonologi bahasa atau pengucapan bahasa. Penderita disleksia akan susah membedakan antara paku dan palu, hal ini buka karena masalah pendengarannya namun karena proses dalam otaknya sulit dalam memproses informasi.

2.      Mengingat Nama
Para penderita disleksia juga sulit dalam mengingat nama, namun jangan terlalu cepat menvonsi seseorang menderita disleksia hanya karena lupa. Para penderita disleksia berbeda dengan orang yang lupa mereka memang susah mengingat kata seperti nama, mereka lebih suka mengataka”teman sekelasku” daripada mengucapkan nama.

3.      Sulit Menyusun dengan Sistematis
Anak yang menderita disleksia akan sulit dalam menyusun sesuatu seperti menyusun agenda harian yang harus dikerjakan. Mereka cenderung lupa kegiatan selanjutnya seperti setelah pulang sekolah harus pulang ke rumah dulu atau langsung ikut latihan sepak bola. Mereka cenderung bingung dalam menentukan kegiatan selanjutnya.

4.      Ingatan Jangka Pendek
Mereka yang menderita disleksia juga bermasalah dengan ingatan jangka pendek mereka. Hal ini hampir sama dengan penyusunan sistematis.

Penyebab Disleksia

Penyebab pasti disleksia belum diketahui secara jelas, namun para ahli mengungkapkan bahwa faktor utama penyebab disleksia adalah faktor genetik atau keturunan.


Nah banyak sekali gejala lain yang dapat ditimbulkan oleh para penderita disleksia, yang jelas para penderita disleksia akan sangat sulit dalam menulis atau membaca sehingga mereka kerap disebut sebagai orang yang malas, padahal banyak sekali tokoh dunia penderita disleksia dan toko yang paling terkenal adalah Albert Estein.

faktor penyebab disleksia



0 Response to "Gejala dan Penyebab Disleksia"

Post a Comment