Macam-macam Gangguan Makan

Macam-macam Gangguan Makan

Macam-macam Gangguan Makan
gangguan makan
Macam-macam Gangguan MakanMakan adalah suatu kebutuhan pokok bagi setiap makhluk hidup. Tak ada yang tidak membutuhkan makan. Manusia adalah makhluk komplek yang mempunyai banyak sekali jenis makana yang bisa disantap. Namun tahukah anda jika ada suatu kelainan pada kebiasaan makan? Tentu saja hal ini banyak disebabkan dari kondisi psikologis seseorang. Mau tahu lebih lanjut? Berikut ulasannya.

1.      Bulimia Nervosa
Seorang yang memiliki gangguan ini biasanya akan menyantap apa saja, ia tidak akan menahan diri terhadap makanan kesukaannnya walaupun ia sadar bahwa apa yang ia makan tidak baik untuk tubuhnya. Tidak hanya sampai di situ, penderita bulimia akan memuntahkan kembali apa yang ia santap. Penderita kelainan ini biasanya perempuan yang takut akan kegemukan, ia akan ke toilet segera setelah ia makan dan memuntahkan semuannya.

2.      Anorexia
Penderita kelainan makan yang satu ini tidak jauh berbeda dari bulimia, mereka sama-sama takut akan kegemukan dan ingin memiliki tubuh yang indah. Penderita anorexia sangat takut untuk makan karena mereka menganggap bahwa makan akan menggemukkan tubuh mereka. Penderita anorexia juga akan berolahraga secara berlebihan tanpa kenal waktu kadang sampai merusak organ tertentu.

3.      Kompulsif
Gangguan makan yang satu ini berbeda sekali dengan gangguan makan yang telah dijelaskan di atas. Mereka yang memiliki gangguan makan kompulsif akan menyantap apa saja walau mereka tidak lapar. Mereka seperti orang kecanduan makan, tak peduli perut sudah pebuh mereka tetap akan makan. Banyak sekali waktu yang mereka habiskan untuk makan.

4.      Sindrom Makan Malam
Makan malam memang tidak aneh dan sangat wajar bagi manusia. Namun tahukah anda bahwa ada beberapa orang yang memiliki kelainan dalam makan malam. Penderita kelainan ini biasanya tidak makan malam pada waktunya mereka berusaha keras untuk tidak makan karena takut gemuk, namun ketika tengah amalam perut mereka akan lapar dan mereka akan menyantap apa saja sampai kenyang dan kebiasaan inilah sebenarnya yang membuat tubuh gemuk.

5.      Pica
Kelainan yang satu ini benar-benar di luar kebiasaan. Mereka yang memilikim kelainan pica akan menjilat atau menguyah sesuatu yang bukan makanan. Mungkin anda pernah mendengar orang yang mengunyah kapu atau orang yang menjilat lilin? Ini adalah gambaran orang yang memiliki kelainan pica.

Gangguan Makan

Jenis Gangguan Makan

0 Response to "Macam-macam Gangguan Makan"

Post a Comment