Kenali Faktor Pemicu Kolesterol

Kenali Faktor Pemicu Kolesterol


Kenali Faktor Pemicu Kolesterol
Kenali Faktor Pemicu Kolesterol


Kenali Faktor Pemicu KolesterolKolesterol adalah lemak berwarna kekuningan yang berupa seperti lilin. Jika kolesterol seperti LDL atau biasa disebut kolesterol jahat terlalu banyak menumpuk di pembuluh darah maka akan menghambat sirkulasi darah. Artinya jika pembuluh darah sudah tertumpuk oleh kolesterol maka jantung tidak bisa mengalirkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh, sekenario terburuk dari kolesterol adalah terkena serangan jantung dan stroke. Mau tahu apa saja pemicu seorang mempunyai kolesterol tinggi? Berikut ulasannya.

1.      Faktor Gen
Faktor gen atau keturunan memang salah satu faktor pemicu kolesterol. Jika keluarga anda memiliki rekam medis mempunyai kolesterol tinggi maka anda akan besar kemungkinan juga memiliki kolesterol tinggi. Faktor yang satu ini memang sulit dihindar namun jangan patah semangat, dengan pola hidup sehat setidaknya anda akan meminimalisir kemungkinan ini, agar anda terhindar dari kolesterol tinggi.

2.      Kurang Olahraga
Olahraga yang dimaksud di sini adalah aktivitas fisik dalam membakar kalori. Jika pekerjaan anda memang menuntut aktivitas fisik lebih banyak maka anda tak perlu waktu khusus untuk olahraga. Namun beda halnya dengan pekerja kantor yang banyak menghabiskan waktu di depan komputer maka bagi anda yang termasuk ke dalam pekerja di depan monotor maka anda wajib menyisihkan waktu khusus untuk olahraga.

3.      Merokok
Merokok adalah aktivitas yang benar-benar tidak menguntungkan bagi kesehatan. Tak sedikit penyakit yang dipicu akibat kebiasaan merokok. Salah satunya adalah penyakit jantung. Merokok dapat menigkatkan LDL dan membunuh HDL.

4.      Berat Badan Berlebih
Berat badan berlebih juga salah satu faktor pemicu kolesterol tinggi. Walau tal sedikit dari mereka yang mempunyai berat badan ideal juga memiliki kolesterol tinggi namun bagi mereka yang gemuk atau memiliki berat badan berlebih akan lebih rentan memiliki kolesterol tinggi. Nah mulai sekarang sering-seringlah cek berat badan agar memiliki berat badan ideal.

5.      Pola Makan Tidak Sehat
Nah hal inilah yang harus benar benar anda perhatikan. Pola makan yang tidak sehat seperti banyak mengkonsumsi lemak dan sedikit serat maka anda akan lebih rentan memiliki kolesterol yang tinggi. Anda tak harus diet untuk menghindari serangan jantung atau stroke anda cukup menerapkan pola hidup sehat.

Pemicu  Kolesterol Tinggi

Faktor Tunbuhnya Koleterol Jahat

0 Response to "Kenali Faktor Pemicu Kolesterol"

Post a Comment